Harus Kembali karena Syarat Kurang

Posted on: April 25, 2009

RADAR MADIUN–Ribuan keluarga miskin yang menjadi Rumah Tangga Sasaran(RTS)kemarin mulai menerima Bantuan Langsung Tunai(BLT)yang nilainya Rp200ribu.Di Kabupaten Madiun,pencairan dana BLT tahap ketiga ini dilakukan di masing-masing balai desa dan kantor pos kecamatan.Sehingga,mereka tak perlu berdesakan saat menerima dana tersebut.Sedangkan jawal pengambilan uang BLT hingga 25 April mendatang.”Kalau berhalangan saat pembagian di desa,tetap bisa mengambil di kantor pos,”ujar Wakil Bupati Madiun,Iswanto,saat penyerahan dana BLT di Kantor Desa Glonggong,Kecamatan Dolopo, kemarin(20/4).
Jumlah penerimanya,se Kabupaten Madiun mencapai 59.744 RTS.Dia berharap agar penerima bantuan bisa memanfaatkan dengan baik dana tersebut.”Bisa digunakan untuk beli beberapa ekor ayam dan diternak,”tambah Iswanto.
Jika digunakan membeli hewan ternak,lanjut Iswanto, bisa meningkatkan pendapatan dan gizi keluarga. Sehingga,sejumlah uang bantuan tersebut manfaatnya bisa terus dirasakan.”Sebaiknya dibelikan sesuatu yang bisa berkembang banyak,”jelasnya,kepada para penerima BLT.
Salah seorang penerima BLT dari Desa Glonggong mengatakan,uang yang diterima tersebut akan dipakai menambah kebutuhan sehari-hari.Selain itu untuk memberi uang jajan bagi cucunya.”Buat tambah beli beras,”katanya.
Di Kota Madiun,BLT juga mulai dibagikan.Selain Kantor Pos Besar Jalan Pahlawan,pencairan BLT juga dilayani di tiga kantor pos tingkat kecamatan.”Masih banyak RTS penerima yang mencairkan BLT di kantor pos besar,”ujar Agus Wahyu Hidayat,Manager Pelayan Kantor Pos Madiun.
Agus menuturkan,pencairan putaran pertama dijadwalkan hingga tanggal 25 April.Sedangkan putaran selanjutnya, mulai hari Sabtu tanggal 26 April.Namuan hingga saat ini,belum ada batas sampai kapan BLT tahap tiga bisa dicairkan.”Jika batas pencairan telah diputuskan, maka seluruh dana yang tersisa dan tidak diambil RTS penerima,akan dikembalikan pada pemerintah,”katanya.
Berdasarkan pantauan wartawan koran ini,banyak warga yang harus kembali pulang ke rumah dan ikut dalam pencairan putaran selanjutnya.Karena berkas persyaratanya tidak lengkap.Puluhan warga itu mewakili anggota keluarganya untuk mencairkan BLT,dengan alasan penerima sakit atau sudah meninggal.”Bila ingin mewakili anggota keluarganya yang sakit,warga harus membawa foto kopi KTP milik orang yang berhak menerima dan kartu keluarga.Sedangkan yang meninggal,ahli warisnya harus disertai surat keterangan dari kelurahan,foto copy KTP dan kartu kaluarga,”papar Agus.
Menurutnya,seluruh persyaratan tersebut sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah.Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan dalam pencairan BLT. ”Karena hak rakyat miskin,pembagian BLT wajib diawasi dengan ketat,tidak boleh diselewengkan,”jelasnya. Berdasarkan data Kantor Pos Madiun,jumlah penerima BLT Kota Madiun sebanyak 6288 RTS penerima.Sedangkan Kabupaten Madiun mencapai 59.744 RTS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 89,729 hits
%d blogger menyukai ini: