Kunci Jawaban Beredar via SMS

Posted on: April 25, 2009

RADAR MADIUN–Kunci jawaban Ujian Nasional(Unas)yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,banyak beredar di kalangan siswa di Kota Madiun.Jawaban itu,beredar atau banyak dikirim melalui pesan singkat atau SMS. Seperti diakui Kodi Yana Brata siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 6 Kota.’‘Saya dapat SMS dari teman,isinya kunci jawaban sejak Minggu malam.Tapi,nggak percaya, saya angap iseng.Dan ternyata teman saya juga banyak yang dapat SMS kunci jawaban seperti itu,”ujarnya usai mengikuti Unas hari ketiga,kemarin(22/4).
Kunci jawaban yang masuk ke handphone Kodi dianggap cukup meyakinkan,karena dilengkapi kode soal,seperti A dan B.Hal senada diakui Sofian Ario Wijaya,siswa kelas XII IPS I SMA Negeri 5 Kota.Menurutnya,hampir seluruh teman sekelasnya mengetahui beredarnya kunci jawaban serupa.Namun,kebenaran kunci jawaban itu patut diragukan.”Masak ujiannya serentak di seluruh Indonesia,kok tiba-tiba muncul hari Senin pukul 07.00 dapat kiriman SMS kunci jawaban.Padahal pengamanan soal begitu ketat.Karena alasan itulah,kami sepakat tidak terpengaruh,”paparnya.
Fenomena ini diakui Ali Ridho,Kordinator Tim Pengawas dan Pemantau dari Universitas Islam Negeri(UIN) Malang.Ali menuturkan,keberadaan kunci jawaban itu diketahuinya sejak hari Selasa tanggal 21 April lalu. Yakni saat Unas pelajaran Bahasa Inggris belangsung. ”Saya berharap,beredarnya kunci jawaban lewat SMS itu tidak dipedulikan peserta unas.Karena sifatnya hanya ingin mengecoh jalannya Unas tahun 2009,”katanya.
Menurut Ali,siswa minta tidak mengindahkannya. ”Jangan dihiraukan,wong pengamanan soal dari pihak berwajib cukup ketat dan sudah sesuai prosedur,” tambahnya.Meski demikian,hingga hari ketiga Unas berjalan lancar alias tidak ada pelanggaran oleh siswa saat ujian.
Semenatar itu,siswa SMK kemarin mengakhiri pelaksanaan Unas.Di SMK Negeri 3 Kota,hari terakhir Unas disambuyt gembira.Puluhan siswa melakukan sujud syukur di musala sekolah.Menurut Tavip Rijanto,Kepala SMK Negeri 3 Kota,sujud syukur sebagai ungkapan bahwa Unas berjalan lancar.”Kami berharap,seluruh siswa SMK Negeri 3, semuanya lulus,”katanya.
Meski demikian,Tavip meminta semua siswanya tetap harus belajar dan menyiapkan diri mengikuti ujian selanjutnya.Yakni,mulai 4 Mei mendatang,mereka harus menyelesaikan ujian sekolah dan praktik.”Jangan disepelekan,ketentuan kelulusan bukan dari Unas saja, tapi juga ujian sekolah,”katanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 89,729 hits
%d blogger menyukai ini: