5 KENDALA MUNUJU SUKSES

Posted on: Juni 14, 2009

KENDALA PERTAMA TIDAK PUNYA TUJUAN YANG JELAS

Banyak orang yang gagal mendulang sukses di dunia bisnis, kerja maupun pendidikan, karena mereka tidak memiliki TUJUAN yang jelas.  Mengapa TUJUAN begitu penting ?

  • TUJUAN akan membantu Anda untuk FOCUS pada apa yang  ingin Anda capai.
  • TUJUAN memberikan HARAPAN, harapan memberikan MOTIVASI  dan motivasi akan menggerakan Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Ketika kita kecewa, putus asa TUJUAN dapat membuat kita focus kembali pada apa yang ingin kita kejar, sebagai contoh Jika Anda memiliki TUJUAN untuk membeli RUMAH, Anda akan berusaha mati matian bagaimana caranya bisa terbeli RUMAH tersebut. Anda akan mulai berpikir mengenai berapa persen gaji yang akan ditabung ? Apakah perlu membuka usaha sampingan atau kerja paruh waktu ? TUJUAN  akan mendorong dan menuntun Anda untuk berpikir lebih kreatif dalam mencapai TUJUAN itu sendiri.

Beberapa hal yang penting dalam menetapkan TUJUAN

  • TUJUAN harus spesifik sehingga Anda bisa menfokuskan pikiran dan tenaga Anda tepat pada sasaran.
  • Setiap TUJUAN harus memiliki time frame ( jangka waktu ), “TUJUAN is DREAM with DEADLINE” . Anda tidak akan dapat mencapai TUJUAN Anda jika tidak ada jangka waktu yang jelas, jangka waktu akan memacu adrenalin Anda untuk bergerak lebih cepat, membuat Anda terusik dari kenyamanan Anda sehingga mau tidak mau Anda akan mencari cara yang kreatif untuk mencapai TUJUAN Anda.
  • Pasang TUJUAN ANDA SETINGGI MUNGKIN dan dapat di GAPAI. “THE MAGIC of THINKING BIG” jika Anda pernah membaca buku David J Swatch ini maka Anda mengerti apa yang dimaksud dengan THE MAGIC THINKING BIG”. Anda harus menetapkan TUJUAN yang BESAR, MENANTANG dan DAPAT DIGAPAI.   Saya sering berdiskusi dengan tim penjualan saya mengenai “TARGE SALES ACHIEVEMENT yang TINGGI”, jika mereka diharuskan mencapai target 100% setiap tim penjualan harus bepikir bagaimana bisa mencapai 120% sehingga mereka memacu diri mereka untuk berpikir melampaui rata rata, setidaknya jika 120% tidak tercapai tercapailah 100%. Akan tetapi jika mereka hanya berpikir 100% maka hanya 80% yang tercapai dan seterusnya. “BESAR KECILNYA TUJUAN ANDA akan MENENTUKAN BESARNYA USAHA YANG AKAN ANDA KELUARKAN”.

KENDALA KEDUA  :  TAKUT GAGAL

orang yang takut gagal awalnya. karena tumbuh di keluarga sebagai anak tunggal sehingga boleh dikatakan mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tua. Dari kecil sampai sekolah, membangun diri sebagai orang yang tidak pernah gagal dan ini adalah mindset apapun yang dikerjakan harus berhasil, bukannya suatu hal yang buruk tetapi fondasi ini ternyata tidak kuat. Ibarat ada 2 orang ingin memanjat puncak gunung, Orang pertama menggunakan helikopter dan orang kedua memanjat dari kaki gunun, tentunya usaha yang dikeluarkan masing masing orang tersebut berbeda. Orang yang menggunakan helikopter sampai ke puncak gunung relatif mengeluarkan tenaga dan usaha yang kecil jika dibandingkan dengan orang yang memanjat dari bawah. Hasil dan tujuanl kedua orang tersebut sama yaitu sampai di puncak gunung, akan tetapi orang yang memanjat dari kaki gunung membutuhkan usaha yang lebih besar serta kemungkinan gagal lebih banyak dan yakin orang tersebut akan memiliki fondasi mental yang lebih kuat dibandingkan orang pertama. Itulah yang dirasakan,  seseorang yang paling tidak bisa menerima kenyataan jika kegagalan besar datang  jika hal itu terjadi akan menjadi frustasi, putus asa dan mudah tess.

Kemudian harus menyadari hal ini membuat sulit maju dan berkembang, untuk mengatasinya, mulai banyak bergabung dengan organisasi mahasiswa, organisasi kerohanian, ikut dalam seminar motivasi, Yah dengan membuka diri terhadap tantangan menjadikan lebih kuat dalam menghadapi kegagalan.

Jika Anda seorang marketer atau sales person, TAKUT GAGAL adalah KENDALA terbesar untuk membangun KARIR ANDA. Karena jika ANDA TIDAK SIAP MENGHADAPI PENOLAKAN CUSTOMER maka karir Anda akan berhenti disini.

Jika  Anda mengenal  BISNIS MLM dan ASURANSI, mereka adalah kumpulan orang orang yang bertekad baja, berurat kawat, bertulang besi. Mereka tidak lebih pintar dari Anda , akan tetapi mereka memiliki ketekunan yang luar biasa dalam menghadapi penolakan penolakan yang pada akhirnya menghantarkan mereka pada pintu KESUKSESAN yang BESAR.

KENDALA KETIGA TIDAK PERNAH BELAJAR DARI KESALAHAN

Kegagalan orang mendulang sukses adalah bagi mereka yang tidak pernah belajar dari kesalahan masa lampau. Mereka bukannya TAKUT GAGAL tetapi TERLALU SERING MEMBUAT KEGAGALAN dengan melakukan kesalahan yang sama. Melakukan kegagalan yang sama menyebakan ANDA BERJALAN DITEMPAT, oleh karenanya ANDA TIDAK AKAN PERNAH bisa maju, Jika ANDA sedang berlomba lari seakan kaki Anda diikat pada satu tiang yang menyebabkan Anda berlari di tempat sedangkan yang lain sudah lari sangat jauh. TIDAK BELAJAR DARI KESALAHAN membuat Anda tertinggal jauh dari rekan rekan Anda yang lain. KESALAHAN MEMANG PERLU dan JANGAN TAKUT MENGHADAPINYA, tetapi MENGULANGI KESALAHAN YANG SAMA adalah suatu hal yang tidak bijak. jika Anda ingin mendulang sukses HINDARI SEJAUH MUNGKIN KESALAHAN SAMA dalam perjalanan karir dan hidup Anda.

KENDALA KEEMPAT   BEKERJA SOLO KARIR

JAMAN GINI SOLO KARIR ?  Orang yang sukses saat ini lebih banyak bekerja dalam tim. Seorang BOSS tidak akan sukses jika dia bekerja sendirian tanpa bantuan timnya, Anda mungkin sudah tahu kepanjangan dari TEAM ( Together We Achieve More ). Baik Anda buka bisnis, bekerja maupun studi, saat ini sulit untuk berhasil tanpa dukungan Tim Anda. Tim tidak selalu partner kerja tetapi Anggota keluarga suami, istri, anak Anda merupakan tim sukses Anda dalam berbisnis dan meniti karir.

KENDALA KELIMA  MENGANDALKAN KEKUATAN DIRI SENDIRI.

Semakin tingginya posisi seseorang maupun semakin besarnya Bisnis seseorang maka semakin sulit untuk menyatakan adanya KEKUATAN LAIN di luar diri sendiri, yaitu kuasa TUHAN YANG MAHA BESAR menopang bisnis dan karir Anda. Semakin berhasil seseorang maka angin kesombongan sangat kuat menerpa diri setiap orang, apakah bahayanya ? ketika badai maupun gelombang besar menghadang kebanyakan orang gugur, jatuh tanpa bisa bangkit lagi. Jika Anda perhatikan teknik pengembangan diri modern selalu terfokus pada I, ME and MY SELF, oleh karena itu disebut teknik SELF DEVELOPMENT yang mendewakan bahwa nahkoda dari hidup ini adalah SAYA. DIBALIK KESUKSESAN SESEORANG SELALU ADA MUJIZAT dari TUHAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 89,729 hits
%d blogger menyukai ini: