Antisipasi Tawuran, Acara Suro Agung Dijaga 3 Ribu Polisi

Posted on: Desember 27, 2009

Madiun – Perguruan silat Setia Hati Winongo, Madiun akan mengadakan acara akbar Suro Agung, Minggu (27/12/2009). Tidak tanggung-tanggung, untuk mengamankan acara ini, Polwil Madiun mengerahkan 3.000 personel.
Ribuan polisi ini akan disebar ke berbagai penjuru Madiun, Magetan, Ngawi dan Ponorogo, untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar perguruan silat seperti tahun-tahun sebelumnya.
Kapolwil Madiun, Kombes Pol Achmadi, kepada detiksurabaya.com mengatakan, pihaknya siap mengamankan jalur-jalur yang akan dilalui konvoi ribuan pesilat peserta Suro Agung yang akan menuju Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo.
“Untuk pengamanan kita kerahkan 3 ribu mulai pagi ini hingga selesai. Tersebar di jalur yang dilalui konvoi motor menuju lokasi. Pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup,” jelas Achmadi.
Menurut Achmadi, jumlah personel pengamanan tersebut kemungkinan akan ditambah sesuai dengan kebutuhan tingkat kerawanan.
Sementara itu, Kapolresta Madiun, AKBP Aldrin Hutabarat, menambahkan untuk masuk Kota Madiun, pengamanan difokuskan di 5 pintu masuk kota dengan 60 personel polisi.
“Area masuk perkotaan Madiun ada 5 titik pintu masuk yang kita jaga ketat untuk menghindari aksi tawuran antar pesilat,” jelas Aldrin.
5 Pintu masuk kota yang akan dijaga ketat yakni perempatan Jalan Sukarno Hatta yang akan dilalui rombongan dari arah selatan termasuk Ponorogo, kemudian pintu masuk kota sebelah barat di pertigaan jalan ring road barat Mancakan Jiwan.
Disebelah utara di perempatan tugu ring road utara jalan Raya Nglames, perempatan Jalan Manisrejo, serta pertigaan makam cina Sambirejo Jiwan.

Pendekar Silat Peserta Suro Agung Tawuran vs Warga
Madiun – Tawuran terjadi antara warga dengan peserta konvoi Perguruan Silat Setia Hati Winongo. Aksi lempar batu itu terjadi di depan SMP 1 Jiwan, di Jalan Raya Solo, Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Peristiwa itu terjadi pada pukul 14.00 WIB, Minggu (27/12/2009).
Meski saat itu ada polisi yang berjaga, namun petugas tampaknya kewalahan menghadapi aksi massa. Tawuran berhenti dikarenakan semakin banyak warga yang datang untuk membantu rekannya. Peserta konvoi pun melarikan diri. Tapi dua motor tertinggal di lokasi. Motor itu rusak terkena lemparan batu. Akibat kericuhan itu, 8 rumah warga rusak
Menurut salah satu warga bernama Kartini (50), warga RT 63 RW 11 Desa Kincang Wetan, dia tidak tahu siapa yang melempar dulu. Karena saat kejadian itu dirinya berada di dalam rumah.
Dari rumah dia mendengar suara sepeda motor. Ketakutan dia lari ke belakang rumah. Dari belakang rumah dia mendengar suara kaca rumahnya pecah.
“Saat itu saya sedang santai di dalam rumah. Dari jauh kedengaran suara motor. Bunyinya keras, saya lari ke belakang. Dari belakang saya dengan kaca pecah,” kata Kartini kepada wartawan di lokasi kejadian.
Kartini menambahkan dirinya takut dan trauma. Karena menurut dia setiap tahunnya kejadian serupa hampir terjadi. “Saya takut karena kejadian ini setiap tahun terjadi,” tuturnya.
Sementara itu, situasi desa ini sedikit tegang. Puluhan warga saat ini terlihat bergerombol di sekitar jalan desa. Petugas kepolisian tampak berjaga di sekitar desa. Polisi meminta kepada warga untuk membubarkan diri. Sepeda motor yang rusak saat ini diamankan. Motor yang rusak bernopol AE 5723 JS dan AE 5140 JY. Keduanya motor itu Honda Supra X

2 Tanggapan to "Antisipasi Tawuran, Acara Suro Agung Dijaga 3 Ribu Polisi"

salam hangat dari http://mobil88.wordpress.com
artikel Anda menarik dan informatif, sukses terus…

makasih lam kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 89,837 hits
%d blogger menyukai ini: