Reset Senao EOC/NOC 3220 EXT 3220+

Posted on: April 22, 2010

Di beberapa tempat yang sempat saya kerjakan koneksi wireless point to point maupun point to multipoint, saya lebih banyak menggunakan perangkat senao, dengan pertimbangan daya pancar yang kuat, dan harga yang “murah” dibandingkan dengan perangkat semacam SmartBridge atau Motorola (tapi tentu saja kelasnya masih diatas Senao). Namun jika cukup dengan Senao mengapa harus beli yang mahal ?

Perangkat Senao yang udah terpasang meski kasusnya hanya di satu tempat, kadang butuh di reset karena radionya macet (bug?). Proses reset juga gak bisa dilakukan lewat WEB/GUI karena gak bisa diakses dari komputer lain, jadi terpaksa deh di reset secara hardware. Tapi tunggu dulu ternyata di perangkat tersebut gak ada tombol reset seperti yang biasa dijumpai pada kebanyakan perangkat wireless indoor. Setelah googling .. ternyata harus menggunakan kabel serial RS232 (null modem).

Yang perlu disiapkan adalah kabel serial RS232 9 pin (DB9) dengan konektor female dikedua ujungnya. Meski biasanya bisa ditemukan di toko-toko komputer, biasanya yang ada bukan kabel null modem, melainkan kabel serial biasa dengan konektor F/M (Satu Female dan di ujung lainnya menggunakan konektor Male). Jika Anda tidak bisa menemukan kabel null modem, diakali aja… Gunakan 2 buah kabel serial tersebut, kemudian dipotong lalu sambung kembali sehinggga membentuk konektor Female dikedua sisinya. Yang perlu diperhatikan adalah hubungan antar pin dibuat sesuai dengan hubungan untuk kabel null modem seperti berikut :

Keterangan lengkap mengenai Null Modem ini bisa di baca di sini

Setelah kabel Null Modem siap, selanjutnya ikuti saja langkah-langkah berikut :

Buka terlebih dahulu penutup konektor serial pada radio senao yang terletak dibagian bawah dekat port RJ 45. ( lihat gambar ).

  1. Hubungkan kabel serial ke port com pada komputer/laptop.
  2. Jalankan aplikasi Hyperterminal (ada dibagian accessories-communication). Klik Start kemudian pilih Programs -> Accessories -> Communications -> HyperTerminal.
  3. Berikan nama koneksi apa saja, misalnya Senao 3220. Kemudian pilih koneksi COM1 (atau COM2 tergantung port di komputer).
  4. Setting HyperTerminal baudrate “38400″, data bits “8″, parity “none”, stop bits “1″, flow control “None”. Kemudian tekan “OK”.
  5. Matikan power pada POE selama kurang lebih 5 detik kemudian On-kan kembali.
  6. Tunggu sampai prompt # muncul pada layar HyperTerminal.
  7. Ketik “flash reset”, Tekan enter.
  8. Ketik “reboot”, tekan enter. Perangkat Senao akan reboot dan semua setting akan dikembalikan seperti semula.
  9. Jika tidak terdapat kerusakan, Anda bisa mengakses kembali melalui WEB dengan alamat IP default : 192.168.1.1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

April 2010
S S R K J S M
« Des   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 89,837 hits
%d blogger menyukai ini: