LOCAL AREA NETWORK (LAN) (BAGIAN I)

Posted on: April 23, 2010

PENGERTIAN SISTEM JARINGAN

Pada sesi ini peserta dikenalkan dengan istilah-istilah pada LAN. Disinggung juga tentang WIDE Area Network (WAN) yang rinciannya akan diberikan pada kelas di luar topik pelatihan saat ini.

Selain dari istilah-istilah, akan dijelaskan juga cara bekerja dari masing-masing teknologi yang dipresentasikan tsb.

Sistem Jaringan adalah sejumlah peralatan IT yang saling terhubungkan dan dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Secara umum ada 2 jenis sistem jaringan yang dikenal yaitu  :

  1. Local Area Network (LAN), yaitu jaringan peralatan teknologi informasi yang terdapat di dalam suatu lokasi tertentu saja.

Jaringan ini biasanya berada dalam satu gedung, bahkan kadang-kadang hanya di satu lantai atau di salah satu bagian lantai saja.

Keunggulan dari sistem jaringan seperti ini adalah pada kecepatan transfer datanya yang tinggi.

Cara kerja dari jaringan ini ada yang disebut sebagai :

v     Workgroup/ peer to peer, yaitu masing-masing alat (komputer) mempunyai independensi sendii-sendiri secara penuh.

v     Client-server, di mana sejumlah alat berfungsi sebagai pengguna/client (terutama data atau program) dan yang lainnya berfungsi sebagai pelayan/server (penyedia data atau program yang dibutuhkan).

Untuk berhubungan dengan LAN, setiap computer yang menjadi anggota LAN tersebut (biasa disebut sebagai  HOST) dilengkapi dengan sebuah kartu rangkaian yang disebut sebagai Network interface Card (NIC) atau biasa juga disebut LAN Adapter.

Tidak semua NIC mampu beradaptasi dengan topologi tertentu dengan kata lain setiap NIC sangat bergantung dengan teknologi topologi LAN tersebut.

Setiap NIC ini dihubungkan oleh sejenis kabel, yang secara umum terdiri dari :

v     Kabel Coaxial, mempunyai 2 kawat inti yang berfungsi untuk mengirim data (transmit/Tx) dan menerima data (Receive/Rx). Kabel ini biasa kita temukan dipergunakan oleh antenne TV. NIC yang mempergunakan kabel ini biasa NIC 10Base2.

v     Kabel Twisted Pair, Kabel ini memiliki 2 tipe yaitu tipe ruangan terbuka (outdoor) yang biasa disebut shielded Twisted Pair (STP) dimana kabel masih dibungkus dengan semacam pelapis pada kabel coaxial untuk melindungi kawat kabel tersebut dari gangguan cuaca, serangga, himpitan benda-benda berat dsb. Sementara untuk didalam ruangan (indoor) kawat kabel tidak diproteksi seperti STP, kabel ini disebut sebagai Unshielded Twisted Pair (UTP). STP memiliki daya tahan jauh lebih baik dari UTP tetapi harga STP pun jauh lebih tinggi dari UTP.

Kabel Fiber Optic, kabel ini mempergunakan tenologi cahaya, koneksi antara 2 node dilakukan dengan mempergunakan 2 kabel yang berfungsi 1 sebagai transmiter dan yang lain menjadi receiver. Ada 2 jenis kabel FO yaitu multimode yang bahan kabelnya dibuat dari serat plastik dan penyinaran dengan sinar lampu pijar biasa sedangkan yang lain dinamakan singlemode dan dibuat dari serat kaca dan disinari dengan sinar laser sehingga mempengaruhi perbedaan jarak dimana untuk multimode jarak terjauhnya adalah 2Km sedangkan untuk singlemode mampu sampai dengan jarak 30 Km.

  1. Wide Area Network (WAN), yaitu jaringan komunikasi jarak jauh.

Banyak dipergunakan oleh jaringan komunikasi Pemerintahan, militer, kepolisian, perbankan, perusahaan multinasional, telekomunikasi dsb.

Topologi WAN terdiri dari beberapa jenis, tetapi secara umum dapat dibagi antara:

v     Point to Point connection (P2P), yaitu hubungan satu dengan satu. Pengertian satu disini adalah sisi/site, yang jumlah komputernya bisa terdiri hanya benar-benar 1 host maupun terdiri dari 1 Local Area Network (LAN).

v     Point to Multipoint connection, yaitu hubungan antara satu site dengan beberapa site sekaligus.

Sedangkan media penghubungnya bisa terdapat bermacam-macam jenis, tetapi secara struktur bias di urut sebagai berikut  :

  1. Gateway, Biasa juga disebut Router. Yaitu sebuah computer yang disetup sedemikian mungkin sehingga kerjanya hanya mengatur traffic komunikasi saja.
  2. Firewall juga merupakan bagian dari gateway, tetapi tugasnya hanya untuk mengendalikan traffic masuk dan keluar LAN/HOST saja.
  3. Media Komunikasi, seperti Radio, Kabel Serat Optik (fiber Optic), Sattelite, jaringan telepon dsb.
LOCAL AREA NETWORK

  1. 1. TOPOLOGI JARINGAN
  2. 2. LEBAR PITA (BANDWIDTH)
  3. 3. PERANGKAT JARINGAN (LAN EQUIPMENT)
  4. 4. PENGALAMATAN (ADDRESSING)

Pada LAN sering ditemukan istilah Topologi, istilah ini digunakan untuk menggambarkan pemetaan hubungan antara satu komputer dengan komputer yang lain.

Hubungan ini biasanya disebut LINK sedangkan perangkat yang dihubungkan sering disebut HOST/CLIENT

TOPOLOGI  LAN

  1. 1. RING
  2. 2. BUS
  3. 3. STAR
MINIMUM REQUIREMENT (STANDARD EDITION)

  1. 1. KECEPATAN CPU 550 mhZ
  2. 2. REAL MEMORY 512 MB
  3. 3. HDD SPACE 6 GB
  4. 4. CD_ROM 12 X
  5. 5. SUPER VGA MONITOR 800x 600
  6. 6. PS/2 MOUSE & KEYBOARD

Pada topologi RING, hubungan masing-masing komputer di dalam LAN berkaitan sehingga membentuk sebuah cincin. Contoh implementasi topologi seperti ini adalah Token Ring, Apabila host A akan menghubungi host C, maka A menghubungi tetangganya yaitu D untuk mendapatkan informasi posisi C. D yang merasa dirinya bukan C lalu meneruskan kepada tetangganya. Tetangga D yang ternyata C akan memberikan informasi dirinya seperti Media Acces Code (MAC) yaitu kode NIC yang terdapat di dalam setiap sirkuit NIC.

Informasi MAC ani akan mengisi routing tabel di setiap host yang dilaluinya dan apabila NIC yang dilalui terebut rusak, maka sistem akan secara otomatis meloncati host tersebut untuk melanjutkan ke lokasi berikutnya sesuai dengan arah jarum jam sampai systemnya menemukan MAC yang dicari atau MAC milik host asal. Apabila pada saat meloncati host di depannya ternyata system menemukan jalan buntu seperti contoh kabel putus, maka system akan memindahkan pencarian melewati ekor pencarian sampai menemukan MAC yang dicari atau jalan buntu juga. Sebagai contoh ketika system menemukan terjadi hubungan putus antara D ke C maka system akan mencari alamat ekor (berlawanan jarum jam) yaitu D-A, A-B, B-C. System akan di interupt apabila ditemukan jaringan B-C terputus juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

April 2010
S S R K J S M
« Des   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 89,837 hits
%d blogger menyukai ini: