KEISTIMEWAAN LINUX

Posted on: April 24, 2010

Hardware komputer pada hakekatnya tidak dapat berfungsi tanpa adanya Software yang mengaturnya. Software yang paling dekat ke Hardware adalah “Sistem Operasi”.  Suatu jenis prosessor tentu dapat saja di-“atur” oleh berbagai macam Sistem-Operasi pada saat yang berbeda, asalkan ada orang yang mau menulis program Sistem-Operasi tersebut.

Walaupun pada saat Linux ditulis prosessor Intel 80386 telah dipasarkan dengan Sistem-Operasi DOS, namun DOS belum menggunakan 80386 secara optimal.  Intel 80386 sebenarnya dirancang sebagai prosessor yang mampu melakukan “multi-tasking” atau “multi-program” namun DOS hanya mampu melakukan “single-tasking”. Linux ketika dirancang memanfaatkan 80386 seoptimal mungkin.

Di sini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux/UNIX dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain. Dan berikut ini adalah beberapa fakta dari hal-hal yang menguntungkan dengan menggunakan program dan file-file Linux/UNIX :

q       Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.

q       Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.

q       Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.

q       Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.

q       Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.

q       Selain multitasking, Linux/UNIX juga dapat mendukung multiuser. Yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dakam sistem.

APLIKASI LINUX

q       Sebagai Server

web server, mail server, ftp server, dll.

q       Sebagai Client / Workstation pengguna

Aplikasi perkantoran (Star office, yang mirip Microsoft office)

Gimp (image tool seperti Photoshop)

q       Koleksi aplikasi di http://freshmeat.net, http://www.sourceforge.net, dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

April 2010
S S R K J S M
« Des   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 89,837 hits
%d blogger menyukai ini: