MotoGP Indianapolis 2010

Posted on: Agustus 30, 2010

Pembalap Honda, Dani Pedrosa tampil sebagai juara pada GP Indianapolis, Amerika Serikat, Senin (30/8/2010) dini hari WIB, setelah sebelumnya melibas pembalap tuan rumah Ben Spies.

Mengawali balapan dari posisi lima, Pedrosa langsung melejit ke posisi tiga sesaat setelah bendera start dikibarkan. Pembalap Spanyol sukses melewati dua rivalnya, Jorge Lorenzo dan Nicky Hayden yang menempati urutan dua dan tiga untuk kemudian membuntuti rekan setimnya Andrea Dovizioso dan Ben Spies yang melejit memimpin balapan.

Pimpinan klasemen sementara yang mengawali start dengan buruk harus puas tercecer di peringkat lima. Sementara rekan setimnya di FIAT Yamaha, Valentino Rossi berhasil menempati posisi enam atau naik satu strip setelah sebelumnya start di posisi tujuh. Nasib kurang baik di alami Casey Stoner yang harus turun posisi dari enam ke urutan sembilan.

Memasuki lap ketiga, Pedrosa mulai menebar ancaman saat berhasil melewati Dovi untuk merebut posisi dua, membuntuti Spies. Meski sempat tertinggal sekira satu detik dari pembalap tuan rumah itu, Pedrosa yang beberapa kali sukses mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat, sukses mendekati Spies.

Puncak sukses Pedrosa akhirnya terjadi pada lap ketujuh. Pembalap yang tengah berupaya mengejar Lorenzo di puncak klasemen ini akhirnya berhasil melewati Spies. Setelah sukses menjadi yang terdepan, Pedrosa mulai meninggalkan Spies dan sejumlah pembalap lain.

Sementara itu, Lorenzo masih konsisten menempati posisi empat dan dibuntuti Rossi dan juga Hayden di posisi enam. Sayang, nasib nahas justru harus diterima Stoner yang harus mengakhiri balapan lebih dulu setelah tergelincir dan terjatuh saat balapan masih menyisakan 21 lap.

Hingga memasuki lap ke-10, Pedrosa kian melesat dan meninggalkan Spies dengan gap sekira 1.2 detik. Sementara di posisi tiga hingga enam belum berubah dengan komposisi Dovizioso, Lorenzo, Rossi dan Hayden. Sementara Marco Simoncelli, Alvaro Bautista, Mika Kallio dan Aleix Espargaro melengkapi komposisi sepuluh pembalap terdepan.

Di lap ke 11, Lorenzo mulai mendekati Dovizioso untuk memperebutkan posisi terakhir di podium. Setelah sempat membuntuti pembalap Italia tersebut, Lorenzo akhirnya mampu melewati Dovi pada lap 15, Lorenzo sukses melewati Dovi dan mengamankan posisi ketiga. Namun, gap antara dirinya dengan Spies di posisi dua masih cukup jauh.

Di sisa 13 lap tersisa, Lorenzo memang berusaha keras mengejar Spies yang juga berusaha memburu Pedrosa yang kian tak terkejar dengan gap hingga 4.3 detik. Sedangkan Dovi yang kini turun ke posisi empat mulai terancam posisinya oleh sang juara sembilan kali, Valentino Rossi di tempat ke-lima.

Setelah selama tiga lap terus menguntit juniornya, The Doctor yang mulai musim depan bakal berkostum Ducati berhasil melewati Dovi dan merebut tempat keempat. Dovi sendiri kini harus puas menempati posisi lima, diikuti Hayden di tempat keenam.

Memasuki enam lap terakhir, Spies mulai menebar ancaman setelah berhasil mencatatkan waktu lebih cepat dari Pedrosa. Sayang, usaha rookie yang mulai musim depan bakal menjadi tandem Lorenzo di FIAT Yamaha ini gagal mendekati Pedrosa yang melaju mulus melewati garis akhir dengan selisih hampir empat menit.

Meski hanya mampu finis di posisi dua, namun ini jelas merupakan hasil fantastis bagi Spies yang baru musim ini terjun ke pentas MotoGP. Sementara itu, posisi tiga menjadi milik Lorenzo. Ini merupakan pertama kalinya Lorenzo finis di luar dua besar. Sementara itu posisi empat diraih Rossi, disusul Dovi, Hayden Simoncelli, Bautista, Aleix Espargaro dan Hector Barbera di posisi sepuluh.

Bagi Pedrosa, ini merupakan kemenangan ketiganya sepanjang musim ini. Sayang, kendati berhasil meraih poin sempurna (25), Pedrosa tetap masih tercecer cukup jauh dari Lorenzo yang masih kokoh di puncak klasemen. Dengan koleksi 183 poin, Pedrosa masih terpaut 68 poin dari Lorenzo (251) di sisa tujuh seri.

Berikut Hasil Lengkap Kualifikasi Moto GP Amerika Serikat di Sirkuit Indianapolis Motor Speed Away 2010, Senin 30 Agustus 2010:

Pos  Rider             Team                  Time/Gap
1.  Dani Pedrosa      Honda               47m31.615s
2.  Ben Spies         Tech 3 Yamaha         + 3.575s
3.  Jorge Lorenzo     Yamaha                + 6.812s
4.  Valentino Rossi   Yamaha               + 12.633s
5.  Andrea Dovizioso  Honda                + 21.885s
6.  Nicky Hayden      Ducati               + 35.138s
7.  Marco Simoncelli  Gresini Honda        + 36.740s
8.  Alvaro Bautista   Suzuki               + 36.825s
9.  Aleix Espargaro   Pramac Ducati        + 44.905s
10.  Hector Barbera    Aspar Ducati         + 51.368s
11.  Loris Capirossi   Suzuki               + 55.386s
12.  Hiroshi Aoyama    Interwetten Honda    + 57.903s
13.  Randy de Puniet   LCR Honda          + 1m04.139s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

Agustus 2010
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 89,729 hits
%d blogger menyukai ini: