Stoner Juara, Honda Dominasi Losail

Posted on: Maret 21, 2011

Losail – Casey Stoner sukses memenangi duel dengan sesama rekan Honda-nya, Dani Pedrosa, untuk menjadi juara di MotoGP Qatar. Honda sendiri tampak dominan di balapan ini melalui keduanya, dan akhirnya dominan di podium.

Pedrosa akhirnya memang gagal finis di urutan dua lantaran kalah bersaing dengan Jorge Lorenzo yang berhasil mendesaknya sejak paruh akhir balapan. Tapi pembalap asal Spanyol itu sempat memperlihatkan pertarungan sengit dengan Stoner. Akhirnya ada dua rider Honda di podium Sirkuit Losail, Senin (21/3/2011) dinihari WIB.

Satu pembalap Honda lainnya, Andrea Dovioso, finis di urutan empat, membuat Lorenzo, yang adalah pembalap Yamaha, tampak berada dalam kepungan Honda. Pemandangan ini sendiri sempat terlihat di sepanjang balapan, ketika satu motor berwarna biru berada dalam himpitan tiga motor berwarna oranye.

Pada akhirnya, balapan ini murni menjadi milik Stoner. Pembalap asal Australia itu tak terkejar ketika dirinya sudah memimpin dan sempat mengungguli Pedrosa dan Lorenzo hingga 3,4 detik sebelum akhirnya melewati haris finis.

Jalannya Balapan

Balapan dimulai! Dani Pedrosa yang start di posisi dua berhasil melewati Casey Stoner dan akhirnya memimpin lomba selepas start. Jorge Lorenzo pun melakukan start bagus. Ia juga sukses melewati Stoner dan akhirnya melewati tikungan pertama dengan berada di posisi dua.

Sementara itu Valentino Rossi berhasil memanjat naik dari posisi sembilan hingga ke posisi lima selepas start. Namun, ia tak mampu bertahan lama. The Doctor kemudian menemukan dirinya bertarung dengan Marco Simoncelli dari urutan enam.

Satu lap kemudian, giliran Lorenzo yang mengambil-alih pimpinan lomba dari tangan Perdrosa. Selama satu lap ke depan, balapan disuguhi dengan pemandangan sebuah motor Yamaha mengungguli tiga motor Honda; Pedrosa, Stoner dan Andrea Dovzioso.

Masih di lap yang sama, nasib sial dialami oleh Randy de Puniet yang motornya tergelincir ketika tengah menikung. Malapetaka untuk Ducati Pramac bertambah setelah Loris Capirossi kembali ke pit dengan masalah pada motornya pada lap keempat.

Di depan, Lorenzo tak mampu mempertahankan keunggulannya atas Pedrosa dan Stoner. Dan kali ini pimpinan lomba dipegang oleh Stoner dengan diikuti oleh Pedrosa di belakangnya. Honda tampak cepat.

Berada di depan, Stoner dan Pedrosa mulai berduel satu lawan satu. Kecepatan mereka mulai meninggalkan Lorenzo yang masih harus puas berada di urutan tiga. Di sisi lain, Rossi sukses naik ke urutan enam.

Pedrosa akhirnya melewati Stoner pada lap ketujuh! Keduanya tampak berdekatan di trek lurus sebelum akhirnya nama yang disebut pertama menyalip tipis Stoner. Duel satu lawan satu keduanya masih terus berlanjut.

Setelah sembilan lap, Pedrosa juga masih memimpin balapan dengan diikuti oleh Stoner di urutan dua dan Lorenzo di posisi tiga. Dovizioso dan Simoncelli melengkapi lima pembalap terdepan. Sedangkan Rossi bertarung dengan Ben Spies untuk memperebutkan urutan enam.

Lap kesepuluh, Simoncelli dengan berani menggeber motornya untuk melewati Dovizioso. Pembalap Italia berusia 24 tahun itu kini berada di posisi empat.

Sebelas lap menjelang balapan berakhir, Stoner melewati Pedrosa di sebuah trek lurus dan akhirnya melakukan manuver ke sisi kanan rekan setimnya itu tepat sebelum tikungan. Stoner akhirnya mengambil-alih pimpinan lomba lagi.

Keduanya juga membuat jarak yang cukup siginfikan dengan Lorenzo yang ada di urutan tiga. Pertarungan masih menjadi milik Stoner dan Pedrosa dengan Lorenzo terus menguntit di belakang,

Sedangkan pertarungan antara Rossi dan Spies juga tak kalah serunya. Rossi sempat dilewati oleh sang pembalap Yamaha sebelum akhirnya kembali memperbaiki dan mempertahankan posisinya di urutan enam.

Sembilan lap menjelang akhir balapan, Stoner mulai mengungguli Pedrosa. Ia membuat jarak hingga 1,4 detik atas pembalap asal Spanyol itu. Sedangkan Lorenzo, sedikit demi sedikit mulai mendekat.

Akhirnya, satu lap berselang, Lorenzo berhasil menyalip Pedrosa. Juara musim lalu itu mengambil bagian dalam trek ketika Pedrosa menikung terlalu lebar dan akhirnya naik ke urutan dua.

Lorenzo kini bertarung dengan Pedrosa, sedangkan Stoner tampak nyaman berada di depan. Aksi saling salip antara Lorenzo dan Pedrosa berlangsung sampai lap ke-15. Sebuah adu depat di trek lurus sempat dimenangi oleh Pedrosa, sebelum akhirnya Lorenzo kembali mengambil posisinya di tikungan.

Tiga lap menjelang akhir balapan, jarak Stoner dengan Lorenzo dan Pedrosa sudah melebar hingga sekitar 3,5 detik. Stoner akhirnya keluar sebagai pemenang balapan ini dengan diikuti oleh kedua nama yang sejak beberapa lap terakhir terus menguntitnya.

Dovizioso akhirnya finis di posisi empat dan Simoncelli harus puas finis di urutan lima. Sementara Rossi kalah dalam pertarungannya dengan Spies. Ia harus puas finis di urutan tujuh, merelakan urutan enam kepada Spies.

Hasil MotoGP Qatar

1.  Casey Stoner      Honda           42:38,569

2.  Jorge Lorenzo     Yamaha            + 3,440

3.  Dani Pedrosa      Honda             + 5,051

4.  Andrea Dovizioso  Honda             + 5,942

5.  Marco Simoncelli  Gresini Honda     + 7,358

6.  Ben Spies         Yamaha           + 10,468

7.  Valentino Rossi   Ducati           + 16,431

8.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha    + 26,293

9.  Nicky Hayden      Ducati           + 27,416

10.  Hiroshi Aoyama    Gresini Honda    + 28,920

11.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha    + 34,539

12.  Hector Barbera    Aspar Ducati     + 34,829

13.  Karel Abraham     Cardion Ducati   + 37,957

Tak Finis

Toni Elias        LCR Honda          18 lap

Loris Capirossi   Pramac Ducati       2 lap

Randy de Puniet   Pramac Ducati    1 lap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 89,837 hits
%d blogger menyukai ini: