Jenis Kamera

Posted on: April 9, 2011

Ada beberapa jenis kamera yang bisa dipilih dan jadi bahan pertimbangan…

Kamera compact

Kamera yang satu ini ukurannya kecil, mungil, dan tipis. Nggak ribet kalau harus dibawa ke mana-mana. Karena itulah kamera ini cocok dipakai buat yang merasa perlu membawa kamera ke mana-mana atau hanya untuk ajang memotret sendiri. Awalnya  fitur dari kamera compact ini cukup sederhana karena hanya dibutuhkan dipakai untuk hal-hal yang juga sederhana. Tapi jangan salah, kini, kamera compact juga canggih-canggih fiturnya. Ada yang untuk foto close up saja, bisa memilih banyak fitur penunjang.  yang memfokuskan objek orang di sebelah kiri atau kanan saja, ada yang bisa bagus digunakan untuk di alam terbuka, atau di dalam ruangan.

Dan buat yang punya hobi fotografi cenderung serius tidak hanya sebatas narsis, pilih saja kamera compact yang fiturnya lumayan lengkap. Ke mana saja dan di mana saja, jadi nggak ketinggalan mengambil momen-momen khusus.

Kamera semiprofessional

Ukurannya memang lebih besar dari kamera compact. Tentu saja, kontrol gambarnya pun lebih mantap, lensanya bisa dizoom keluar yang membuat hasil foto jadi lebih oke, serta fiturnya pun juga lebih lengkap.

Superzoom

Kamera yang satu ini punya lensa zoom yang sampai 10 kali bahkan lebih. Fitur buat motretnya pun lengkap. Sampai-sampai ada yang namanya image stabilization yang bisa menghilangkan efek goncangan saat mengambil gambar

SLR Digital

Ini kamera buat yang kelasnya pro! Fiturnya lengkap, lensanya bisa ditukar-tukar, ada kontrol total warna, dan exposure yang bisa bikin kualitas gambar jadi prima. Untuk resolusi gambarnya sendiri bisa di atas 5 megapiksel. (ika)

Apa yang Perlu Kita Kenal?

Waktu mau beli kamera , biasanya kan cuman terpaku sama yang namanya bentuk dari kamera itu sendiri. Eit, padahal harus paham paling nggak beberapa bagian dasar dari fasilitas sebuah kamera.

v     Megapiksel

Ini merupakan bagian dari kamera yang mempengaruhi berapa besar foto tersebut dapat dicetak. Kalau megapikselnya kecil, maka foto yang dicetak atau jadi pun akhirnya terlihat pecah. Standartnya , 2 sampai 3 megapiksel.

v     Memory Card

Kalau di kamera biasa ada film, maka sebagai gantinya kalau di kamera digital ya memory card ini. Ukurannya juga macam-macam, ada yang SD, MMC, atau CF. Sedangkan kapasitasnya sendiri ada yang 256, 512, atau yang lebih kecil dari itu.

Ada yang perlu diperhatikan kalau pengen memory card kamera kamu awet. Misalnya, jangan cabut paksa memory card waktu kamera masih menyala, mematikan kamera langsung setelah mengambil gambar, atau mengambil gambar dengan baterei yang habis.

Hindari juga yang namanya mengganti image card di komputer saat folder memory card sedang terbuka, tidak sengaja me-reformat card, lalu mengambil gambar dengan memory card yang sedang bermasalah.

v     Zoom

Fungsi bagian kamera yang satu ini memang untuk membuat objek terlihat lebih besar atau lebih dekat. Ada dua macam istilah zoom yang perlu kamu ketahui, optical zoom dan digital zoom. Gampangnya, optical zoom itu artinya lensa sedangkan digital zoom ada pada bawaan asal dari program kamera itu sendiri.

Harap diingat, jangan tergiur oleh yang namanya angka dari digital zoom lho ya! Soalnya, kalaupun tertera angka digital zoomnya besar, itu justru nantinya akan mengurangi kualitas gambar. Jadinya, foto kamu nggak terlihat benar-benar jernih.

Tips Memilih Kamera

  • Kalau pengen punya hasil foto yang ukurannya 8 x 10 inci, paling nggak harus punya kamera 3 megapiksel ke atas. Tapi kalau keperluannya untuk yang ajang narsi-narsis biasa, ya kamera dengan 2 megapiksel juga udah cukup
  • Pilih kamera yang fiturnya emang benar-benar kamu butuhkan. Biasanya standar yang ada fitur merekam video, lensa zoom optis, serta punya kontrol manual.
  • Buat yang berkacamata tapi pengen memotret tanpa kacamata, pilih kamera yang diopternya dapat difokuskan. Sehingga objek yang mau dibidik juga bisa terlihat jelas.
  • Pilih kamera yang LCD-nya terang sehingga dapat enak buat melihat pas di outdoor. Ukuran layar LCD yang besar juga ngebantu bikin kita enak mengambil foto lho!
  • Kalau pas beli, hitung-hitung harganya termasuk bonus yang dikasih ke kita. Biasanya nih ada bonus rechargeable atau charge, terus memory card.
  • Ada bagusnya lagi kalau kamera yang dibeli punya kabel USB biar gampang kalau mau transfer foto ke komputer.
  • Cermati yang namanya optical zoom, yaitu kemampuan kamera untuk memperbesar objek namun letaknya di lensa. Dan bukan digital zoom yang kemampuannya hanya ada di kamera itu sendiri. Soalnya kalau besar di digital zoomnya saja, kualitas foto kurang seberapa bagus alias sering pecah hasilnya.
  • Uji kinerja kamera waktu memotret objek. Kalau sampai habis jepret trus  butuh waktu lama buat nungguin start awal lagi, bisa-bisa objek yang mau diambil udah keburu hilang duluan deh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 89,837 hits
%d blogger menyukai ini: