Hasil Moto GP Seri Estoril (Portugal) 2011, Pedrosa Juara

Posted on: Mei 1, 2011

Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, tampil fantastis untuk mengakhiri dominasi pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, di Sirkuit Estoril, Portugal. Dalam balapan yang menegangkan selama 28 lap, Minggu (1/5/11), Pedrosa mengalahkan kompatriotnya asal Spanyol tersebut, untuk menjadi juara, sekaligus merengkuh kemenangan perdana pada MotoGP musim 2011 ini.

Di belakang duo Spanyol itu ada rekan setim Pedrosa, Casey Stoner, yang terpaut 7,658 detik. Sementara itu, Valentino Rossi harus menerima kenyataan pahit menjelang finis, karena sebelum melewati garis tersebut (finis), disalib oleh pebalap Repsol Honda lainnya, Andrea Dovizioso, yang terus menempelnya selama lomba.

Hasil buruk harus diterima pebalap Gresini Honda, Marco Simoncelli, yang gagal menyelesaikan lomba. Start dari posisi dua dan menjadi salah satu favorit juara, pebalap berambut jabrik ini justru mengalami kecelakaan di lap pertama pada tikungan kelima, sehingga pupuslah ambisinya untuk meraih kemenangan.

Dengan hasil seri ketiga ini, maka Lorenzo tetap berada di puncak klasemen dengan total poin 65, hasil dari sekali menang dan dua runner-up, disusul Pedrosa dengan 61 poin. Posisi tiga ditempati Stoner, yang merupakan pemenang seri perdana di Qatar, dengan koleksi 41 poin.

Jalannya lomba

Ketika lampu merah padam tanda balapan dimulai, Lorenzo langsung melejit. Juara dunia ini, yang menempati pole sekaligus memantapkan dominasinya di Estoril dengan meraih empat pole dalam empat musim terakhir, dibuntuti duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner. Rossi pun melakukan start yang hebat, karena dia langsung melejit ke urutan empat setelah start drai posisi sembilan.

Namun nasib sial menimpa Simoncelli, karena dia jatuh sebelum pertarungan berlangsung ketat. Berada di posisi tiga dan sedang berusaha menggeber motornya, pebalap berambut jabrik ini terpental dan jatuh pada tikungan kelima, saat akan belok ke kiri, sehingga dia gagal melanjutkan lomba. Tampaknya, Sirkuit Estoril menjadi arena yang membawa sial bagi pebalap Italia tersebut, karena sejak latihan bebas, kualifikasi, dan balapan, dia selalu mengalami kecelakaan.

Memasuki lap keempat, sudah mulai terjadi gap antara dua pebalap terdepan, yaitu Lorenzo-Pedrosa, dengan Stoner dan Rossi-Dovizioso. Lorenzo dan Pedrosa, yang bersaing ketat memperebutkan posisi terdepan, unggul lebih dari dua detik atas Stoner, yang “tidak terganggu” di posisi tiga. Sedangkan Rossi terpaut lebih dari empat detik dari posisi terdepan.

Lap ketujuh, Lorenzo dan Pedrosa semakin menjauh dari kejaran para lawannya. Duo Spanyol ini sepertinya bertarung sendirian untuk menjadi yang terbaik karena mereka hanya berselisih kurang dari 0,1 detik. Sedangkan Stoner, yang berada di belakang mereka, tertinggal lebih dari dua detik. Sedangkan di kelompok ketiga yang memperebutkan posisi empat, terjadi pertarungan ketat antara Rossi, Dovizioso dan pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards.

Memasuki lap ke-12, Rossi semakin jauh tertinggal dari tiga pesaing di depannya. “The Doctor” terpaut lebih dari delapan detik dengan Lorenzo, yang terus mendapat tekanan keras dari Pedrosa, yang sampai lap ini membuat tiga kali fastest lap. Secara keseluruhan, tak ada perubahan komposisi karena semua pebalap yang masih tampil, bisa mempertahankan posisinya.

Hanya saja, persaingan menjadi semakin monoton karena hanya melibatkan Lorenzo dan Pedrosa. Bahkan saat balapan tersisa enam lap lagi, mereka semakin jauh meninggalkan Stoner yang terpaut lebih dari lima detik, apalagi dengan Rossi, yang kian tertinggal dengan gap lebih dari 13 detik.

Perjuangan keras Pedrosa untuk mengejar Lorenzo membuahkan hasil pada lap ke-24. Setelah menggeber secara maksimal motornya di lintasan lurus dan melakukan pengereman keras, dia berhasil mengambil dari sisi dalam saat menikung ke kanan, sehingga mampu mengambilalih jalannya balapan tersebut. Satu lap berselang, Pedrosa, yang total melakukan enam fastest lap, semakin menjauh dengan selisih lebih dari 0,4 detik atas Lorenzo, yang pada tiga musim terakhir selalu merajai GP Portugal (baik kualifikasi maupun balapan).

Kesuksesan ini juga menunjukkan bahwa gangguan pada bahu yang dialami Pedrosa sudah mulai pulih. Padahal, dia sedang dalam proses penyembuhan pasca-operasi awal bulan April, untuk mengeluarkan plat besi di tulang selangkanya, yang ditengarai menjadi penyebab dirinya mati rasa saat balapan (di Qatar dan Jerez).

Hasil pahit harus dialami Rossi, yang kembali harus finis di posisi lima. Sudah berada dalam posisi yang bagus untuk memperbaiki hasilnya bersama Ducati pada musim ini, dia justru “terpeleset” ketika akan menyentuh garis finis karena disalib Dovizioso. Alhasil, Rossi kembali mengulangi hasil di GP Spanyol awal bulan April ketika finis di posisi lima, dan juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut harus menunggu lagi untuk mewujudkan impian naik podium.

Setelah GP Portugal ini, para pebalap kembali mempersiapkan diri menghadapi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, pada 15 Mei mendatang. Musim lalu, Lorenzo menjadi jawara di sirkuit ini, disusul Rossi dan Dovizioso.

– Hasil GP Portugal, Minggu (1/5/11)

1.  Dani Pedrosa          ESP       Repsol Honda Team          45m 51.483s
2. Jorge Lorenzo          ESP      Yamaha Factory Racing      45m 54.534s
3. Casey Stoner           AUS      Repsol Honda Team           45m 59.141s
4. Andrea Dovizioso   ITA       Repsol Honda Team           46m 8.013s
5. Valentino Rossi       ITA       Ducati Marlboro Team       46m 8.038s
6. Colin Edwards        USA      Monster Yamaha Tech 3     46m 24.058s
7. Hiroshi Aoyama      JPN       San Carlo Honda Gresini    46m 30.232s
8. Cal Crutchlow         GBR     Monster Yamaha Tech 3      46m 32.395s
9. Nicky Hayden          USA     Ducati Marlboro Team        46m 46.370s
10. Randy de Puniet     FRA     Pramac Racing Team           46m 51.180s
11. Toni Elias              ESP      LCR Honda MotoGP           46m 51.857s
12. Loris Capirossi      ITA      Pramac Racing Team           46m 53.276s
13. Alvaro Bautista      ESP     Rizla Suzuki MotoGP           47m 15.853s

DNF:
Ben Spies                    USA     Yamaha Factory Racing
Karel Abraham            CZE     Cardion AB Motoracing
Hector Barbera           ESP      Mapfre Aspar Team
Marco Simoncelli       ITA      San Carlo Honda Gresini

– Klasemen sementara

1. Jorge Lorenzo              Yamaha Factory Racing         65
2. Dani Pedrosa               Repsol Honda Team               61
3. Casey Stoner                Repsol Honda Team               41
4. Valentino Rossi           Ducati Marlboro Team            31
5. Nicky Hayden              Ducati Marlboro Team            30
= Andrea Dovizioso        Repsol Honda Team                30
7. Hiroshi Aoyama          San Carlo Honda Gresini         28
8. Cal Crutchlow             Monster Yamaha Tech 3          21
9. Colin Edwards            Monster Yamaha Tech 3          18
10. Hector Barbera          Mapfre Aspar Team                14
11. Karel Abraham          Cardion AB Motoracing          12
= Toni Elías                    LCR Honda MotoGP                12
13. Marco Simoncelli     San Carlo Honda Gresini          11
14. Ben Spies                 Yamaha Factory Racing             10
15. Loris Capirossi         Pramac Racing Team                 9
16. John Hopkins            Rizla Suzuki MotoGP                 6
= Randy de Puniet           Pramac Racing Team                 6
18. Alvaro Bautista        Rizla Suzuki MotoGP                  3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

Mei 2011
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 89,729 hits
%d blogger menyukai ini: