Kode, Istilah dan Arti Treatment Pada Batu akik & Permata

Posted on: Juni 10, 2015

natural5Untuk meningkatkan kualitas, nilai, serta keindahan pada batu permata, maka beberapa jenis batu permata sering mengalami proses perlakuan tertentu, sehingga seringkali kita menemukan simbol atau istilah treatment pada batu akik dan permata. Namun bagi sebagian orang, tetap memilih batu dalam kondisi 100 persen natural tanpa adanya treatment merupakan suatu kepuasan tersendiri, dan bagi mereka itulah batu mulia atau batu permata yang lebih tinggi nilai serta kualitasnya dibandingkan dengan yang menggunakan treatment.

natural4Sebenarnya macam-macam treatment yang dilakukan terhadap batu permata, sepanjang tidak berlebihan, tetap mempertahankan nilai ke-naturalannya, nilai jualnya di pasaran pun masih tetap tinggi. Dan yang tak kalah pentingnya adalah penampilan serta warna dari batu tidak berubah sama sekali seiring dengan berjalannya waktu. Tapi hati-hati dengan teatment yang berlebihan, karena bukan hanya menurunkan nilai, terkadang juga terdapat manipulasi di dalamnya, seperti Doublet atau Triplet.

natural3share beberapa istilah atau simbol yang digunakan pada proses-proses treatment yang dilakukan pada batu permata, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kode, Simbol, Istilah dan Arti Treatment Pada Batu Akik dan Permata Secara Umum :

B: Bleaching : Pada proses treatment ini digunakan pemanasan, cahaya, atau cairan kimia yang berguna untuk memudarkan atau menghilangkan warna pada batu.

natural pos1D: Dyeing atau Infusing : roses treatment dengan cara memasukkan bahan pewarna ke dalam batu untuk membuat atau mengubah atau meningkatkan (membuat warna lebih tua), atau juga meratakan warna batu

F: Filling : roses pengisian pada rongga atau retakan batu yang tampil ke permukaan dengan bahan cairan tertentu seperti kaca, borax, plastik, maupun bahan-bahan lainnya.

H: Heating : roses treatment dengan cara menggunakan panas guna memperbaiki, meingkatkan warna, atau untuk menciptakan fenomena pada batu, misalnya efek star atau efek cats eye

I: Impregnation : roses dengan mengisikan bahan tanpa warna yang terbuat dari plastik untuk mengisi pori-pori batu yang bertujuan untuk menambah daya tahan atau penampilan batu.

O: Oiling atau Infusion : Proses pengisian retakan yang mencapai permukaan batu menggunakan minyak tanpa warna, resin/getah, bahan sejenis lilin, atau semacamnya, yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan batu.

R: Irradiation : Proses treatment dengan menggunakan sinar (gamma, neutron) atau penembakan elektron dengan tujuan untuk memperbaiki warna pada batu mulia.

U: Diffusion : Proses pelapisan dan pengisian bahan kimia tertentu yang dilakukan pada bawah permukaan batu, serta memanaskannya hingga mncapai suhu yang tinggi dengan tujuan untuk membuat warna serta fenomena berupa efek star pada batu.

W: Waxing atau Oiling : Proses pengisian pori-pori batu dengan menggunakan bahan sejenis balsam, lilin tanpa warna, atau sejenis minyak dengan maksud untuk meningkatkan penampilan batu (biasanya pada batu Giok atau Pirus).

Kode, Istilah dan Arti Treatment yang Dinyatakan oleh Beberapa Laboratorium Gemokologi

Sebuah laboratorium gemokologi (Gemo Lab.) dalam pernyataan atau penulisan kode,simbol, istilah pada batu akik dan permata, terkadang memiliki kesamaan maupun perbedaan dengan laboratorium gemokology lainnya, namun pernyataan atau penulisannya tersebut tetap memiliki pengertian-pengertian yang sama. nubie akan memberikan contoh kode,simbol,istilah yang digunakan pada beberapa gemo lab. tersebut, diantaranya :

 NTD: No Treatment Detected.

H: Heat Only with very small amount of residue.

H-a: Heated with minor residue.

H-b: Heated with moderate residue.

H-c: Heated with severe residue.

H-Be: Heated with Beryllium Content.

HP: Heating and Pressure.

R: Irradiated.

U: Diffusion.

F: Filled with foreign material.

GF: Glass Filled.

D: Dyed.

MCE: Minor Color Enhancement.

B: Bleached.

I: Impregnation.

O: Oiled.

L: Lasering.

W: Waxing.

S: Smoked.

C: Coated.

DBLT: Doublet.

TPLT: Triplet.

NTE: Tidak ada indikasi treatment apapun termasuk pemanasan.

TE: Indikasi adanya pemanasan tanpa residu.

TE1-TE5: Indikasi adanya pemanasan dengan jumlah residu beragam pada retakan batuan mulai dari minor hingga signifikan.

C1-C5: Indikasi adanya pemanasan dengan jumlah residu beragam pada lubang batuan mulai dari minor hingga signifikan.

GF1-GF3: Indikasi adanya pengisian retakan batuan dengan glass/silica untuk meningkatkan ketahanan dengan proporsi mulai dari minor hingga signifikan.

GC1-GC3: Indikasi adanya pengisian lubang batuan dengan glass/silica untuk meningkatkan tampilan dan ketahanan dengan proporsi mulai dari minor hingga signifikan.

F1-F3: Indikasi adanya pengisian retakan batuan dengan oil/rsin (pada Emerald) untuk meningkatkan tampilan dan ketahanan batuan dengan proporsi dari minor hingga signifikan.

CX: Indikasi adanya treatment untuk mmperbaiki warna yang tidak terdeteksi dan diperlukan riset atau analisis lanjutan

DIF: Indikasi adanya penambahan warna atau fenomena dengan metode difusi pada lapisan atas batuan.

BE: Indikasi adanya perbaikan warna dengan metode Berrylium Diffusion.

IMP: Indikasi adanya pelapisan tanpa warna pada permukaan batuan.

DYE: Indikasi adanya pewarnaan batuan melalui proses pencelupan zat warna.

IRR: Batuan pada umumnya mengalami ekspos iradiasi untuk memperbaiki warna.

CO: Indikasi adanya pelapisan pada permukaan batuan untuk membuat efek warna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KONTAK PERSON YM

KATEGORI

ALBUM

foto004

KALENDER

Juni 2015
S S R K J S M
« Feb   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 89,729 hits
%d blogger menyukai ini: